Ikatan Ibu dan Bayi Sangat Menentukan Hidupnya

Nasihat mengasuh anak untuk mengembangkan ikatan melekat aman

“Lima tahun pertama dalam hidup seorang bayi sejak dari kandungan, adalah usia yang sangat penting, yang akan berpengaruh seumur hidupnya.” Itu benar, tetapi apa penyebabnya?

Saya baru benar-benar paham, saat saya bertemu dan memiliki sahabat karib yang sulit mengatasi stres, kegelisahan, dan ketakutan, sekalipun dia sangat cerdas. Bila orang lain bersenang-senang untuk bisa mengatasi stres, dia harus tenang dan relaks hingga stresnya berkurang, untuk bisa senang.

Belajar memahami dia, membuat kami berdua menelusuri bersama mencari penyebabnya melalui konseling dan buku, juga situs web yang disarankan konselor. Dan itu membuat saya menemukan dan memahami diri dengan lebih baik. Ikatan ibu dan bayi, ternyata sangat menentukan hidup saya, hidup dia, hidup Anda, dan hidup bayi Anda!

Ikatan melekat, istilah yang saya gunakan di sini untuk istilah “attachment bond”,  adalah relasi yang dalam dan tahan lama, yang berkembang antara Anda dengan bayi Anda di tahun-tahun awal kehidupan. Ikatan ini menciptakan relasi yang unik yang membentuk perkembangan bayi Anda.

Ikatan ini memotivasi Anda untuk memberi perhatian yang saksama terhadap kebutuhan-kebutuhan bayi Anda— seperti bangun di tengah malam untuk menyusui dia, tahu bila popoknya perlu diganti, dan mengerti apa makna dari tangisan-tangisannya yang berbeda.

Proses dari keterikatan dan pelekatan terjadi secara natural saat Anda mempedulikan bayi Anda, namun itu tidak selalu mudah atau tanpa stres. Adalah normal bila Anda merasa tak yakin, takut, atau belum merasa terhubung pada mulanya. Bagaimanapun, ada banyak hal yang Anda dapat lakukan untuk memulai membangun ikatan melekat yang aman (secure attachment bond) dengan bayi Anda.

Pentingnya mutu ikatan melekat

Ikatan melekat adalah relasi yang unik antara bayi Anda dan diri Anda selaku perawat utamanya. Relasi ikatan secara insting ini menarik kalian berdua bersama-sama, memberi keyakinan bahwa kebutuhan-kebutuhan dari bayi Anda yang tak berdaya dan rentan akan dipenuhi.

Di tahun 1990-an ledakan pembelajaran yang menyingkapkan fakta bahwa relasi unik ini, ikatan melekat itu, adalah faktor kunci dalam perkembangan fisik, sosial, emosi, dan intelektual bayi Anda.

Mutu dari ikatan melekat ini ada dua: aman dan tidak aman. Ikatan aman diciptakan dari ibu yang melengkapi bayinya dengan landasan optimal untuk kehidupan: dorongan untuk belajar, kesadaran-diri yang sehat, percaya dan kepedulian terhadap orang lain.

Sedangkan ikatan yang tak aman, tercipta dari ibu yang tak dapat memenuhi kebutuhan bayinya akan keamanan dan pengertian, sehingga menyebabkan dalam kehidupan bayi tersebut nantinya: kebingungan tentang dirinya, serta kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran dan berelasi dengan orang lain.

Fokus yang baik pada saat melakukan kegiatan bersama bayi Anda, memberi rasa aman yang dibutuhkannya, dan sangat menolong dia untuk bisa mengatasi kuatir, stres, kuatir, gelisah, serta bersikap tegas hingga dewasa nanti.

Ikuti kelanjutannya…

:) Pesan bagi Pembaca: Setiap pertanyaan atau tanggapan Anda, dihargai. Terima kasih dan salam hangat dari eva kristiaman🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s